Sama Dengan Se Belumnya

Di rumah, Mr. Rigen menyambut kedatangan saya dari Jakarta dengan wajah seorang pemenang. Wajah Julius Caesar sesudah menaklukkan jajahan-jajahan baru di dunia Timur. Wajah Sultan Agung sesudah menaklukkan kerusuhan-kerusuhan di wilayahnya. Wajah despot yang baru menghirup kemenangan memang menunggingkan senyum. Tetapi, alangkah menyeramkannya senyum itu! Dan Mr. Rigen siang itu menyandang wajah yang begitu! Opo tidak me-mêrinding-kan githok?

To, pripun! To, pripun!

Elho! Belum lagi tarikan nafas normal kembali sudah disambut dengan, to pripun! Lha, pripun? Bagaimana, Mister?”

Mr. Rigen tampak agak malu juga menyadari kemenggebuannya dalam menyambut kedatangan saya.

Ha, inggih niku, Pak. Saya rak selalu bilang kalo pemerintah itu tansah memikirkan kebutuhan, kepinginannya rakyat kecil. Buktinya sekarang, Pak! Buktinya sekarang!”

Wééh, apa iya? Bukti, Gen? Buktinya itu apa?”

Lha, sudah jelas, cêtha wålå-wålå, baru saja diumumkan begitu lho, Pak!”

“Yang wålå-wålå itu apa to, Geen, Gen?”

“Wah, Bapak. Sesudah pulang dari kongres rekayasa pemerintah kok malah tidak pirså daya cipta, sekreasi pemerintah to, Pak?”

Husysy! Jangan ikutan meledek kongres rekayasa pemerintah, kowé! Bukan rekayasa, tapi reka-reka kita bersama. Lha, yang kamu bilang sekreasi daya cipta itu, kreasi saja, Gen. Tidak usah diembel-embeli dengan ‘se’! Kreasi, gitu saja!”

“Wah, tidak marêm, Pak, kalo cuma kreasi. Se-kreasi lebih mantêp, Pak. Sekreasi! Lho, srêg, to? Mantêp. Se-kre …”

Uwis-uwis. Bilang saja apa kreasi pemerintah itu?”

Ha, inggih niku, to, Pak. Sama Dengan Se Belumnya. SDSB! Itu tandanya pemerintah tanggap maunya wong cilik, Pak.”

“Jelasnya, Gen?”

Elho, jelas terang to, Pak. Pemerintah kita itu waskito, tajam perasaan dan penangkapannya, bolehnya nangkep mobah mosiking atiné wong cilik, Pak!”

“Jelasnya lagi, Gen?”

Elho, Bapak itu bagaimana. Sudah jelas, jelas, lho!

“Jelasnya lagi, Gen?”

“Bapak itu sedang mencoba daya ke-anyêl-an saya atau apa to, Pak? Kalo saya yang begitu, Bapak pasti sudah meng-gibêng saya, to?

Saya tertawa melihat Mr. Rigen mulai sewot.

Lho, saya itu cuma minta kejelasan. Wong ngomong kok kurang konkrit kamu itu.”

“Begini, lho, Pak. Sudah sejak dulu saya matur, wong cilik itu butuh dolanan juga seperti panjênêngan para priyagung. Lha, antara lain ya pasang buntut itu! Ini rak dolanan kecil-kecilan saja to, Pak. Kok mau dihapus.”

Lha, kalo wong cilik, terutama kamu, terus kêsêngsêm dolanan judi buntut, ‘kan bisa kocar-kacir semua!”

“Yang kocar-kacir itu apa to, Pak? Wong kerja saya ya beres-beres saja, lho, Pak.”

Lha, kalo di seluruh dunia wong cilik main SDSB terus uang yang dikuras buat itu semua gèk berapa, Gen? Kalo dicèlèngi ‘kan sudah dapat apa saja itu!”

Halah, Bapak. Nyèlèngi! Wong duit cuma seketip dua ketip kok dicèlèngi! Mending dibuat buntut to, Pak. Kalo menang baru dicèlèngi seperti Bapak itu. Terus kita bisa juga hidup dari bunga cèlèngan itu. Jêr basuki måwå béyå. Jêr basuki måwå buntut. Lha, kalo belum ada béyå-nya, ya tidak usah nyèlèngi to, Pak.”

Saya jadi thêngêr-thêngêr. Logika jenius piaraan saya sêmangkin lama kok sêmangkin absurd bin surealistik seperti lukisan Ivan Sugito atau Amang Rachman. Logikanya anti protestan-etik, anti semangat kapitalis, anti sedikit-sedikit menjadi bukit. Malah sekarangnya semboyannya, sedikit-sedikit di-buntut-kan saja. Saya jadi kepingin mengetes daya fantasi dirjen saya itu lagi.

Sak umpåmå, Gen. Ini sak umpåmå. Kalo SDSB itu dihapus ning dikembalikan ke Porkas dulu itu. Yang pake nebak bal-balan imajiner antara Liverpool lawan PS Sragen, Juventus lawan PS Bantul, Ajax Amsterdam lawan Blunyah Cilik. Itu rak dolanan yang lebih gayêng to, Gen?”

“Wah, Bapak. Ini, lho. Ini, lho!

“Ini lho, priyé?

“Bapak itu contoh kaum intelektual yang mau men-jomprong-kan wong cilik. Porkas itu rak lebih apus-apusan, bohong-bohongan to, Pak. Wong Liperpul kok ngluruk ke Sragen, Jupentus bal-balan di Bantul, Ayak cèkèran di Blunyah Cilik. Haa, itu rak malah bikin bodho wong cilik saja to, Pak?”

Saya thêngêr-thêngêr lagi.

Lha, kalo SDSB tidak mbohongi wong cilik to, Gen?”

Wéé, … lha ya mbotên. SDSB itu jujur, terus terang. Minta biasa dari wong cilik. Nih dak kasih dolanan untung-untungan. Tebaklah! Keliru? Ya, nasibmulah! Cocok nomêr buntut-mu? Syukurlah! Kaul sama anak istrimu. Sudah ah, Pak Ageng. Saya mau lari ke warung pojok situ sebentar. Sêlak ditutup bandar-nya, nomêr saya nanti.”

Mak brêbêt! Mr. Rigen me-nyéngklak sepedanya. Tanpa terasa saya berteriak memanggilnya,

“Geen, Mister Rigen. Titiip! Titiiip nomêr. Nomêrku dua, tiga, ….”

Terlambat. Mr. Rigen sudah menghilang dari pandangan.

Yogyakarta, 19 Nopember 1991

*) gambar dari hot.kksppartners.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

akar rumput

tulisan ala kadarnya refleksi kehidupan dari akar rumput

My not–so–Secret Journal

thoughts, feelings, desires, passion, and some rambling!

PAUS ANTARTIKA

Kita akan bertahan!™

The BroNeo

cerita biasa dari orang biasa

Munajat Sang Pendamba

Tuhanku, gemintang langit-Mu telah tenggelam, Semua mata makhluk-Mu telah tertidur, tapi pintu-Mu terbuka lebar buat pemohon kasih-Mu. Aku datang menghadap-Mu memohon ampunan-Mu, Kasihi daku . . . .

ZeDeen

Rumahku Katanya Sih Surgaku : tentang perjalanan hidup lelaki kecil dan bahteranya

jendelakusam

"Pendar mata Sebuah catatan tolol, tentang perjalanan kehidupan dan segala macam penghidupannya"

lagilagi81.wordpress.com/

KEBAHAGIAAN HIDUP BUKAN SEKEDAR DARI AGAMA

Counting Down

The journey of my life...

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

%d blogger menyukai ini: